Sejarah Fenomena Tawuran Indonesia

Korban bernama M Ridwan (16) siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Negeri Pertanian Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Korban menderita cedera pada pundak dan kelopak mata sebelah kanan.

Korban meninggal dalam penanganan medis di RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi. Saat ini jenazah di semayamkan di rumah duka Kampung Karawang Sentral RT 03/01 Desa Karawang Kecamatan/Kabupaten Sukabumi.

Kepala Polsek Sukabumi Kompol Suhendar mengatakan hasil penyidikan sementara sebelum meninggal dunia, korban sempat terlibat adu jotos satu lawan satu pada Kamis (23/1/2014) siang lalu. (sumber: inilahkoran.com)
Woooooooow. . . ., Kapan Tawuran berhenti ????? kayanya perlu tanda tanya banyak. Flash back tentang tawuran, di negri ini.

Cekidoot

Fenomena tawuran di negri ini memang tidak pernah berhenti, sampai detik ini. Sejarah panjang Tawuran di negri ini sudah terjadi sejak lama. Kompas Edisi 29 Juni 1968 Memuat tentang bentrokan pelajar Berdarah. Perkelahian waktu itu membuat gubernur jakarta Ali Sadikin harus turun kelapangan mengingatkan kepada para pelajar yang sedang bentrok. Sejak kapan di mulainya budaya tawuran ini entah dari mana dan kapan yang pasti tahun 1968 saja Tawuran menjadi trends topik di berbagai media. (sumber kompas Oktober 2011)

Litbang Kompas pada 28-29 september 2011 melakukan penelitian dengan metode jejak pendapat di ikuti oleh 411 responden berusia minimal 17 tahun. Di pilih secara acak dengan menggunakan pencupliakan secara sistematis dari buku telepon terbaru. Jumalah responden di seiap kota ditentukan secara proporsional.

Berikut hasil dari penelitian tersebut :

Alasan Terlibat tawuran
  • ketiadaan Figur Guru yang ditakuti 51%
  • tidak ada kegiatan yang bermanfaat 65,8%
  • Pengaruh Kakak Kelas 68,7%
  • Pengaruh Miras dan Narkoba 65,3%
Memang bukan hanya karena konflik individu, solidaritas sekolah, ataupun ekistensi keberadaan. Ruang publik  di lingkungan perkotaan semakin sempit tempat beradu peran untuk para pemuda semakin langka. Bukan hanya di kota-kota besar, Kota sukabumi telah menjelma menjadi Tempat para awak media berburu topik tawuran yang tidak pernah ada habisnya. Kapan tawuran ini berhenti ? (fenomena-id dari berbagai sumber)

Ayolah Para Pemuda Masihkah Ada Cara Lain  untuk berbeda ??

0 Response to "Sejarah Fenomena Tawuran Indonesia"

Post a Comment